ABOUT USTI

ABOUT CAMPUSS

Transformasi STMIK Amik Riau Menjadi Universitas Sains dan Teknologi Indonesia (USTI)

Pada tanggal 2 April 2024, sebuah tonggak sejarah baru tercipta di Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah X Kota Padang. Kepala LLDikti Wilayah X, Afdalisma, SH, M.Pd, menyerahkan Surat Keputusan (SK) Mendikbud No. 232/E/O/2024 yang mengesahkan perubahan status STMIK Amik Riau menjadi Universitas Sains dan Teknologi Indonesia (USTI).


Sejarah Singkat

STMIK Amik Riau adalah hasil penggabungan dua perguruan tinggi komputer pertama di Provinsi Riau, yakni STMIK Riau dan AMIK Riau, yang didirikan oleh Yayasan Komputasi Riau (YKR). 

AMIK Riau 

didirikan pada tahun 1990 untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di bidang komputer di Provinsi Riau, dengan program Diploma III di Jurusan Manajemen Informatika. Pada tahun 1992, AMIK Riau menambahkan program Diploma I. 

STMIK Riau 

didirikan pada tahun 1996 untuk menawarkan program Strata I di Jurusan Teknik Informatika. Kedua perguruan tinggi ini terakreditasi pada tahun 2005.

Untuk meningkatkan efisiensi dan mutu pelayanan, kedua institusi ini digabungkan menjadi STMIK Amik Riau pada tahun 2006. STMIK Amik Riau memiliki dua program studi terakreditasi: Teknik Informatika (S1) dan Manajemen Informatika (D3).


Visi dan Misi

Visi

Menjadi Perguruan Tinggi Komputer Unggul di Sumatera pada tahun 2030.

Misi

1. Menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.

2. Mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi komputer untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi.


Tujuan

- Menciptakan suasana akademik yang kondusif untuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

- Memiliki sumber daya manusia berkualitas dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi.

- Meningkatkan mutu peserta didik agar memiliki kemampuan akademik, profesional, dan jiwa kewirausahaan.

- Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak di berbagai bidang.

- Menghasilkan lulusan unggul di bidang mobile computing untuk mendukung sektor bisnis skala menengah.

- Mewujudkan institut ilmu komputer yang terkemuka.


Dengan perubahan status ini, USTI siap menjadi pusat unggulan dalam pendidikan dan teknologi komputer di Sumatera, siap mencetak lulusan yang mampu bersaing di dunia global.



 

Posting Komentar

0 Komentar